Wednesday, December 30, 2009

ANALISIS INPLACE, SEISMIK, FATIGUE DAN PLASTIC COLLAPSE PADA STRUKTUR ANJUNGAN LEPAS PANTAI TIPE JACKET 4 KAKI

Kebutuhan manusia akan energi pada saat sekarang ini sangatlah besar, salah satu dari jenis energi tersebut adalah energi yang tak terbarukan atau yang berasal dari fosil yaitu minyak bumi. Salah satu pendukung keberhasilan dari eksploitasi minyak bumi adalah dengan tersedianya bangunan anjungan lepas pantai. Untuk menilai suatu anjungan lepas pantai layak digunakan dan memenuhi persyaratan yang direkomendasikan maka dilakukan prosedur analisis struktur pada anjungan lepas pantai. Prosedur analisis struktur tersebut meliputi analisis inplace, seismik, fatigue dan plastic collapse/pushover.

Analisis inplace adalah analisis statik struktur anjungan lepas pantai. Analisis dilakukan dengan anggapan bahwa struktur dan pile memiliki kekakuan linier, sedangkan tanah mempunyai kekakuan non-linier. Pada analisis inplace ditinjau dua kondisi yaitu kondisi operating dengan beban lingkungan dengan periode ulang 1 tahunan dan kondisi storm dengan beban lingkungan dengan periode ulang 100 tahunan. Analisis seismik adalah analisis yang dilakukan untuk mengetahui kekuatan struktur terhadap gerakan tanah (ground motion). Analisis seismik ditinjau pada dua kondisi yaitu kondisi strength dengan beban gempa dengan periode ulang 100 tahunan dan kondisi ductility dengan beban gempa dengan periode ulang 800 tahunan. Analisis fatigue adalah analisis untuk mengetahui kekuatan struktur terhadap beban yang berulang (siklik). Analisis fatigue digunakan untuk memperoleh service life dari struktur. Analisis plastic collapse digunakan untuk mengetahui nilai dari RSR (Reserve Strength Ratio) atau nilai cadangan kekuatan dari struktur. Analisis ini memperhitungkan sifat elastoplastis dari material baja.

Seluruh analisis yang dilakukan pada struktur yang direncanakan dilakukan dengan menggunakan peraturan yang direkomendasikan oleh API RP2A WSD (American Petroleum Institute Recommended Practice 2A Working Stress Design).

Copyrights : Copyright Â(c) 2001 by ITB Central Library. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

1 komentar:

rima said...

baru tau iin punya blog

Post a Comment

1 people have left comments

rima

rima said:

baru tau iin punya blog

Recent Comments-