Friday, January 8, 2010

Marine Fouling (Marine Growth)

Dalam dunia offshore, marine growth dikenal sebagai sekumpulan hewan / tumbuhan laut yang tumbuh dan berkoloni di permukaan bangunan / struktur di dalam laut; di mana kondisi suhu, bahan makanan / nutrisi, faktor pH (derajat keasaman) dan kondisi lingkungan lain cocok bagi pertumbuhan mereka. Tumbuhnya marine growth pada permukaan bangunan ini dapat menimbulkan berbagai masalah.

Pada struktur platform, adanya marine growth akan menyebabkan struktur menjadi lebih berat (penambahan massa) sehingga menyebabkan perubahan respon struktur tersebut terhadap beban-beban dinamis yang diterimanya (ada perubahana frekuensi natural, ragam getar, dsb). Di samping itu, marine growth akan menyebabkan pertambahan diameter efektif tiang struktur (lihat gambar di bawah) sehingga menyebabkan beban arus dan beban gelombang yang diterima struktur menjadi lebih besar.



Selain itu, pada saluran pemasukan atau pembuangan bawah laut, misalnya sea water intake, adanya marine growth dapat menyumbat saluran tersebut seperti tampak pada gambar di bawah ini.



Marine Growth Prevention System (MGPS) adalah suatu sistem pencegahan pertumbuhan maringe growth ini yang diciptakan untuk menanggulangi permasalahan seperti telah disebutkan di atas. Ada beberapa macam MGPS yang ada sampai sekarang yaitu:

1.Ocean-Powered MGPS
2.Electrolytic (anode) MGPS
3.Electrochlorination MGPS

1. Ocean-Powered MGPS

Alat ini berupa rangkaian cincin yang dipasang di sekeliling kaki jacket, riser, conductor, dan vertical bracing (lihat gambar di bawah). Aksinya mirip seperti wiper yang membersihkan kaca mobil. Alat ini digerakkan naik turun oleh tenaga arus dan gelombang laut. Salah satu vendor di Indonesia yang memiliki ini adalah IEV (PT. IEV Indonesia) http://www.iev-group.com.



2. Electrolytic (anode) MGPS

System ini terdiri atas anoda tembaga dan aluminum (atau besi lunak) yang diletakkan pada lokasi yang strategis, sedekat mungkin dengan area yang hendak diproteksi. Anode tersebut terhubungkan dengan panel kontrol yang mengatur arus yang dialirkan ke anode tersebut. Ion yang dihasilkan oleh anode akan disebarkan oleh air laut dan membuat lingkungan yang tidak kondusif untuk pertumbuhan marine growth di area tersebut. Keuntungan lainnya adalah aluminum hydroksida yang terbentuk akan menciptakan lapisan pelindung pada permukaan saluran tersebut sehingga sekaligus dapat mencegah korosi.

Sumber : http://www.farwestcorrosion.com/fwst/marine/mgps.htm



3. Electrochlorination MGPS

System ini menggunakan sodium hypochlorite (NaOCl) sebagai larutan pembersih yang diinjeksikan ke dalam sistem saluran yang hendak diproteksi. Larutan NaOCl dibuat langsung dari air laut dengan memberikan arus listrik di dalam alat NaOCl generator.

0 komentar:

Post a Comment

0 people have left comments

Commentors on this Post-

Recent Comments-